15 Minutes Outside: 365 Ways to Get Out of the House and Connect with Your Kids

15 Minutes Outside: 365 Ways to Get Out of the House and Connect with Your Kids

jelaskan persamaan dan perbedaan antara salatullail, salat tahajud dan salat tarawih !​

jelaskan persamaan dan perbedaan antara salatullail, salat tahajud dan salat tarawih !​

Jawaban:

-qiyamul lail: adalah ibadah yang dilakukan sebagian atau sepanjang malam seperti membaca Alquran, dzikir, shalat, dan ibadah lainnya. dalam pelaksanaannya qiyamul lail tidak harus tidur terlebih dahulu.

-shalat tahajud: shalat tahajud paling sedikit 2 rakaat, dan sebelum shalat diharuskan untuk tidur terlebih dulu.

-shalat tarawih: waktu pelaksanaannya hanya pada malam² dibulan Ramadhan hal ini menjadi dasar ulama menyatakan salat tarawih berbeda dengan tahajud. Tidak ada salat tarawih di luar bulan suci Ramadan. Salat sunah yang dikerjakan di luar Ramadan hanya tahajud dan witir, dengan tidur lebih dulu.

Penjelasan:

Salat qiyamul lail adalah salat malam. Salat sunnah ini berbeda dengan salat tahajud. Salat qiyamul lail adalah salat sunnah yang dilakukan pada waktu malam tanpa tidur terlebih dahulu, terhitung sejak selesainya waktu Isya hingga terbit fajar. Salat qiyamul lail adalah salat sunnah yang paling afdhal dilakukan dan mendapat banyak keistimewaan. Salat qiyamul lail meliputi salat tarawih, witir, dan tahajud. Qiyamul lail tak hanya diisi dengan ibadah salat, tetapi membaca Al-Qur’an dan berzikir.

Tahajud secara bahasa berarti tidur dan terjaga. Itu juga disebut sholat di malam hari. Mutahajid yaitu orang yang mendirikan sholat di malam hari setelah tidur. Tahajud secara istilah syara yaitu sholat secara sukarela di malam hari di luar kewajiban dan tahajud itu adalah sunah dalam syariat. Nabi Muhammad SAW biasa melaksanakan sholat tahajud. Para ahli fiqih sepakat minimal sholat tahajud dua rakaat. Sedangkan terdapat perbedaan pendapat tentang banyaknya sholat tahajud. Mazhab Hanafi berpandangan banyaknya tahajud delapan rakaat, sedang Mazhab Maliki berpendapat banyaknya tahajud sepuluh atau dua belas rakaat. Tetapi Mazhab syafii dan Hanbali tidak spesifik menyebutkan jumlahnya. Sedang waktu terbaik sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir.

Tarawih bermakna istirahat senafasan. Kata tarawih digunakan untuk sholat malam sunah di bulan Ramadhan, karena orang yang sholat bisa beristirahat di dalam pelaksanaan sholatnya setiap empat rakaat.

Rasulullah beristirahat dalam sholat malamnya di antara tiap-tiap empat rakaat. Sholat tarawih adalah salah satu sholat nawafil (sunnah) yang ditetapkan berjamaah, dan sholat tarawih itu sunah muakad yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW.

Banyak pendapat ulama mengenai jumlah rakaat sholat Tarawih. Ada yang menyatakan 23 rakaat, dan lainnya mengatakan 36 rakaat. Dan ada pendapat lain yang menyatakan jumlah rakaat sholat tarawih kurang dari itu atau lebih dari itu.